Manfaatkan Teknologi Digital, Dompet Dhuafa Jalin Kerjasama Dengan OVO

Lintas Bisnis.com Jakarta – Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat dalam penggunaan aplikasi. Pada 2017, perusahaan analisis aplikasi mobile AppAnnie, merilis laporan terbaru terkait tren penggunaan aplikasi sepanjang 2016. Dalam laporan tersebut, Indonesia menempati posisi ke empat dalam daftar negara dengan jumlah unduhan aplikasi terbanyak di Google Play. Jumlahnya meningkat dari posisi keenam di 2015, dan berhasil mendahului Rusia dan Meksiko.

Melihat tren tersebut, Dompet Dhuafa menjalin kerjasama dengan OVO, sebuah perusahaan platform pembayaran dan keuangan lokal Indonesia yang berada di bawah naungan PT Visionet Internasional, guna memberikan akses digital kepada masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, sedekah dan wakaf (ziswaf) melalui aplikasi. Kerja sama ini diresmikan dengan penantangan nota kesepahaman yang dilakukan hari ini (14/5) di Jakarta. Dengan metode pembayaran digital melalui aplikasi OVO, diharapkan inovasi ini dapat membantu meningkatkan jumlah penghimpun zakat di Indonesia.

“Melalui kerjasama ini, Dompet Dhuafa dan OVO bertujuan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yakni mendorong inovasi yang ada serta merujuk pangsa pasar masyarakat yang saat ini sudah bergeser menggunakan transaksi dengan uang elektronik. Sehingga, hal tersebut mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama pada tahun-tahun yang akan datang. Kami sebagai lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf (ZISWAF) mencoba untuk mencari formula baru dalam mengembangkan inovasi digital untuk ziswaf. Ketika teknologi untuk mengamalkan ziswaf berkembang dengan baik, kami berharap dapat memudahkan masyarakat melakukan transaksi,” tutur drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Pada tahapan kerjasama ini, OVO akan menjadi kanal pengumpulan donasi ZISWAF, untuk program-program pemberdayaan Dompet Dhuafa. Dari segmen zakat, infak dan sedekah, penyalurannya untuk program Pendidikan SMART Ekselensia Dompet Dhuafa, kemudian program Desa Mandiri di Sebatik, Kalimantan Utara, serta Rumah UMKM Binaan Dompet Dhuafa di Riau. Selain itu, donasi juga bergulir untuk mendukung program wakaf Dompet Dhuafa. Tentu, dengan sinergi dan pemanfaatan teknologi sebagai pendukung donasi, masyarakat khususnya dhuafa, dapat memperluas bentangan kebaikan program pemberdayaan bersama Dompet Dhuafa.

“Kolaborasi OVO dan Dompet Dhuafa ini diharapkan mampu menjadi pendorong agar masyarakat dapat mengamalkan Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf dengan lebih mudah, aman dan terpercaya dengan dukungan teknologi,hal ini merupakan salah satu strategi OVO untuk mewujudkan akselerasi transaksi non-tunai, dengan hadir memberikan akses terhadap berbagai layanan keuangan, termasuk di dalamnya layanan berdonasi.” ujar Adrian Suherman, President Director OVO.

Dengan kerja sama ini akan semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam Dengan mengakses aplikasi OVO, masyarakat dapat dengan mudah mengecek berapa jumlah donasi zifwaf yang telah dibayarkan, serta memantau penyalurannya melalui Dompet Dhuafa.

“Setiap kanal digital yang bekerjasama dengan OVO di bawah naungan PT Visionet Internasional, akan menjadi modal dalam membangun sinergi kemanusiaan, melalui program-program Dompet Dhuafa baik di seluruh pelosok maupun tapal batas Indonesia, dan tentunya donasi yang disalurkan oleh setiap user aplikasi OVO akan mendapatkan informasi tentang donasinya secara transparan,” tutup drg. Imam Rulyawan MARS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *