Sosok Pelukis Soerono Hendronoto Turut Andil di Masa Kemerdekaan RI

Sosok Pelukis Soerono Hendronoto Turut Andil di Masa Kemerdekaan RI

Lintas Bisnis.com Jakarta – Sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia tak lepas dari pengorbanan para pejuang untuk ibu pertiwi. Indonesia yang telah memasuki Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang berusia 73 tahun ini telah melahirkan banyak pejuang bangsa dan para pejuang disegala bidang.

Berbicara sejarah bangsa, tentu mencakup segala bidang, salah satunya yakni nama Soerono Hendronoto yang mungkin banyak yang belum mengetahui siapakah sosok beliau. Soerono sendiri merupakan seniman tanah air yang ditunjuk langsung oleh Soekarno untuk melukis mata uang pertama, yakni Oeang Republik Indonesia (ORI) pada masa itu.

Untuk lebih mengenal jauh sosok kakek Soerono, Dewi Puspasari yang merupakan cucu dari Soerono Hendronoto mencoba merangkum kisah sang kakek lewat sebuah buku Tribute for Kakek RM. Soerono Hendronoto berjudul “Berjuang Dalam Seni”.

ORI-1-370x246

Ditemui dalam acara launching buku Berjuang Dalam Seni sekaligus pameran lukisan tersebut, kepada awak media, Dewi menyampaikan, melalui buku ini dirinya mencoba untuk menampilkan sosok kakek Soerono sebagai pejuang, bukan hanya sebagai seorang seniman.

“Disini kami sebagai cucu menemukan beliau sebagai sosok pejuang yang patut dibanggakan yang tidak bisa dilepaskan dari kemerdekaan Indonesia dimana beliau merupakan sosok pelukis mata uang pertama RI (ORI),” ujar Dewi di Galeri Indonesia kaya Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Sementara itu, Kartika Affandi anak dari (Alm) Afandi yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sosok Soerono merupakan sosok seniman yang karyanya dikenal jujur dan penuh kepolosan dengan jenis karya yang realis.

“Saya menduga, hal tersebut yang membuat Bung Karno mempercayakan sosok beliau untuk melukis gambar ORI dibanding seniman lainnya pada masa itu” ungkap Kartika.

“Lukisan Soekarno yang menjadi sosok pada ORI ini tak hanya menjadi masterpiece kakek Soerono saja, tapi merupakan masterpiece bangsa Indonesia,” tambah Pingkan Shinta (cucu kakek Sorono) lainnya yang juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama pula, Erwin Kusuma selaku sejarawan publik menambahkan, sosok kakek Soerono ini merupakan sosok yang tidak terpisahkan pada masa kemerdekaan saat itu.

“Dimana lewat lukisan Soekarno pada ORI masa itu, untuk pertama kalinya Indonesia memiliki mata uang sendiri, yang mana bertujuan untuk menggeser dominasi mata uang NICA milik kolonial pada saat itu,” ujar Erwin.

Soerono Hendronoto sendiri merupakan cucu dari
Sri Susuhunan Pakubuwono X yang dikenal sebagai seniman realis. Berkat jasanya tersebut, Soerono pernah mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari pemerintah (Peruri & Kementrian Keuangan RI) pada 30 Oktober 1985 silam.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply