176 Nakes Tambahan dari TNI Tiba di Jakarta

LINTAS BISNIS – TNI mengerahkan ratusan Tenaga Kesehatan (Nakes) miliknya, untuk membantu penanganan Covid-19 di Jakarta.

Sebanyak 176 personel Tenaga Kesehatan dari siswa Perwira Prajurit Karir (Pa PK) Angakatan 28 Reguler dan siswa Kursus Tenaga Kesehatan (Susgakes) Angkatan 28B TA 2021 dari Akademi Militer (Akmil) Magelang, tiba Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (28/6/2021).

Nantinya, mereka akan ditempatlan di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang kekurangan naskes di Jakarta.

“Kedatangan Perwira siswa ini sebagai tambahan Nakes untuk ditugaskan di wilayah Jakarta yang masih membutuhkan Nakes, khususnya di Wisma Atlet dan tempat isolasi Khusus Orang Tanpa Gejala (OTG) Rusun Nagrak serta Rusun Pasar Rumput yang juga disiapkan,” tulis TNI dalam siaran pers yang diterima, Senin (28/6/2021).

Tenaga kesehatan yang dikirim ke Jakarta terdiri dari Dokter umum 120 orang, Dokter gigi 20 orang, Keperawatan 8 orang, Farmasi Apoteker 12 orang, Fisoterapi 4 orang, Radiologi 2 orang, Kesehatan lingkungan 1 orang, Gizi 4 orang, Elektro medis 1 o?ang, Perawat gigi 1 orang, Analisa medis 2 orang dan Rekam medis 1 orang.

Sebelum diberangkatkan menuju Lanud Halim Perdanakusuma, seluruh siswa melaksanakan tes swab antigen terlebih dahulu di Akmil Magelang untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi yang bagus dan tidak terindikasi virus Covid-19.

“Para nakes diberangkatkan menggunakan dua pesawat Hercules A-1328 dan A-1335 milik TNI AU dari Lanud Adi Sucipto Yogyakarta menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta,” lanjutnya.

Sebelumnya, seperti yang disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dihadapan para dokter dan relawan saat melaksanakan sidak di Rusun Nagrak, Minggu (27/6/2021), TNI dan polri akan segera mengirim tenaga kesehatan tambahan ditengah peningkatan kasus Covid-19.

Nantinya, para nakes ini akan dibagi ke tiga tempat yaitu Wisma Atlet, Rusun Nagrak dan Rusunawa Pasar Rumput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *