Industri Gamer Kembangkan PlayGame Dengan Blockchain

Lintas Bisnis.com Jakarta – Para industri game telah mengembangkan beberapa PlayGame yang digabungkan dengan Blockchain. Sehingga memungkinkan para gamer membuat kompetisi berbayar dalam memenangkan hadiah per pool permainan.

Developer game veteran ini membuat model pendapatan baru untuk developer game lainnya, namun tidak ada lagi loot box – peti hadiah berisi equipment karakter game yang dibeli dengan uang.

PlayGame adalah sebuah platform gaming instan yang didukung oleh sistem blockchain di mana para gamer dapat bersaing dan mendapatkan hadiah dengan mudah.

Anton Soeharyo telah berkecimpung dalam industri gaming mobile selama lebih dari 9 tahun dengan membuat 50 game lebih dengan total mencapai 50 juta download. Banyak dari game tersebut berada dalam daftar teratas di Google Play dan Apple App Store.

IMG-20181017-WA0004-310x258

“Pengalamannya membuktikan bahwa perjuangan membuat game tidak mudah. Membuat game ternyata tidak murah dan membuat sistem monetisasi game terbilang sulit,” kata Anton Soeharyo, CEO PlayGame.

Model monetisasi saat ini seperti memasang iklan pada game membutuhkan jumlah pengguna yang banyak untuk bisa berhasil. Dan membuat pengguna menghabiskan dana lebih dalam in-app purchase (pembelian aplikasi di dalam game) membuat game tidak nyaman untuk kebanyakan gamer.

PlayGame memberikan solusi untuk semua permasalahan tersebut. Terinspirasi oleh permainan e-sport, Anton membuat platform di mana gamer dapat membuat kompetisi berbayar dan memenangkan hadiah yang didapat dari biaya masuk.

Dengan menggunakan blockchain, gamer dari seluruh dunia bisa bergabung, berkompetisi, dan memenangkan PXG, cryptocurrency yang dibuat oleh PlayGame untuk mendukung platform tersebut. Menggunakan smart contract untuk mendistribusi hadiah per pool tanpa perantara, developer game bisa membuat aplikasi terdesentralisasi (DApps) yang didukung oleh PXG.

Menggunakan kompetisi sebagai model pendapatan baru, developer game dapat mengambil 5% dari tiap kompetisi berbayar yang sukses. Konsep seperti ini meyakinkan bahwa bahkan dengan permainan yang sama, sistem monetisasi akan bersifat konsisten selama game tersebut populer. Model bisnis PlayGame sendiri adalah dengan menambahkan 5% biaya platform ke dalam konsep monetisasi tersebut.

“Versi beta platform PlayGame telah dirilis selama hampir satu minggu, dan dengan hanya 6 game kami telah mendapatkan 4,681 pemain terdaftar yang bermain sebanyak 98,095 kali dalam 1,571 kompetisi. Kami sangat senang dengan antusiasme para gamer dan kami tidak sabar untuk menjangkau jutaan orang di tahun-tahun mendatang,” ujar Anton.

Selain didukung oleh perusahaan penyedia modal Ideosource dan DNC Indonesia, PlayGame juga diawasi oleh pemain startup teknologi veteran, seperti Andrew Darwis dari Kaskus, Edy Sulistyo dari Loket (yang kemudian diakuisisi oleh Gojek), Oscar Darmawan dari Indodax, dan sebagainya.

Pada September, PlayGame menjadi project pertama yang melakukan penjualan token awal (Initial Token Sale) dalam platform Tokenomy Launchpad, oleh para founder Indodax, platform exchange cryptocurrency terbesar di Asia Tenggara.

“Saya gamer dan saya percaya bahwa setiap orang sebenarnya juga merupakan gamer. Gaming telah menjadi bagian terbesar dalam hidup kita. PlayGame dapat memberikan revolusi dalam industri gaming. Tokenomy juga merasa sangat bangga dalam memandu PlayGame untuk meyakinkan semua proses launching berjalan lancar dan aman,” ujar Oscar Darmawan, founder Tokenomy dan dewan penasehat PlayGame.

Kunjungi PlayGame untuk informasi lebih lanjut https://its.playgame.com

Tentang PlayGame
PlayGame Pte Ltd adalah platform gaming instan yang menggunakan sistem blockchain dan berbasis di Singapura, yang memungkinkan gamer membuat kompetisi berbayar dan memenangkan hadiah per pool permainan.

Tentang Touchten
Touchten adalah sebuah pengembang dan penerbit game mobile, didirikan oleh Anton Soeharyo dan rekan-rekan pada tahun 2009. Telah membuat hampir 50 game dengan total 50.000.000 download di semua platform. Game terkenalnya seperti Royal Garden Tales, Fist of Rage dan Dessert Chain untuk Android dan iOS.

Tentang Tokenomy
Platform Tokenomy adalah platform penciptaan nilai dan jaringan distribusi yang berfokus pada penyediaan kesempatan bagi bisnis yang melakukan penciptaan nilai untuk mengembangkan dan mendistribusikan cryptocurrency mereka sendiri. Tokenomy juga menyediakan sebuah marketplace untuk token yang akan didaftarkan dalam exchange cryptocurrency. Tokenomy dibuat oleh founder Indodax, exchange cryptocurrency terbesar di Asia Tenggara dengan 1,3 juta pengguna aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *