Arab Saudi Resmi Tambah Kuota Haji Indonesia

LINTAS BISNIS – Pemerintah Arab Saudi resmi menambah kuota jemaah haji untuk Indonesia tahun 2023. Hal itu dilakukan salah satunya untuk mengurangi jumlah antrean jemaah haji di Indonesia.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah mengatakan, Indonesia adalah negara penting bagi Saudi. Namun, lanjut Tawfiq, saat ini negaranya tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji.

“Alhamdulillah misi haji 2023 dimulai. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah,” katanya di Jeddah, Minggu (8/1/2023).

Ia mengatakan, kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. “Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,” ucapnya.

Selain tentang kuota, kesepakatan ini juga mengatur tentang pendaratan (landing) pesawat di Jeddah dan Madinah. Serta beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji.

Ia mengatakan, dalam pembicaraan dengan Menteri Haji Saudi disepakati juga tidak adanya pembatasan usia. Sebagaimana diketahui, karena pandemi, pemerintah Arab Saudi membatasi usia jemaah haji.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini,” katanya.